Senin, 12 Maret 2012

sejarah


Program Studi Kehutanan didirikan pada tahun 1997 melalui Surat Keputusan Pendirian Program Studi Manajemen Hutan oleh DIKTI Nomor : 81/D/O/1997 dan penyelenggaraan  Program Studi mulai beroperasi pertama kali pada bulan November 1998. Sejak didirikan Program Studi Manajemen Hutan mengalami berbagai kendala dalam upayah pembenahan diri. Program Studi Kehutanan dibuka atas kerjasama Fakultas Kehutanan Unhas melalui Kerukunan Keluarga Dosen Luwu yang ada di Makassar. Salah seorang dosen tetap Unhas waktu itu, Ir. Abd. Rasyid Kalu, M.S., diangkat menjadi Dekan Fakultas Kehutanan karena belum ada dosen tetap yayasan yang memenuhi syarat untuk menjadi dekan. Untuk melaksanakan seluruh fungsi dekan di fakultas diangkat Rosniati, S.Hut.MP., sebagai wakil dekan, dan Yumna, SP., MP., sebagai Ketua Program Studi Manajemen Hutan.
Pada tahun 2007 melalui Surat Keputusan DIKTI Nomor : 163/DIKTI/KEP/2007 tentang Penataan dan Koordinasi Program Studi di Perguruan Tinggi, maka Program Studi Manajemen Hutan mengalami perubahan nama menjadi Program Studi Kehutanan. Seiring dengan perubahan nama program studi tersebut, dan adanya tuntuntan pasar, maka dipandang perlu untuk meninjau kembali kurikulum yang ada, sehingga pada tanggal 12 Maret 2010 dilaksanakan Lokakarya Kurikulum Program Studi Kehutanan. Hasil dari lokakarya tersebut, disusunlah draft kurikulum baru yang selanjutnya diusulkan di rapat senat universitas untuk ditetapkan sebagai kurikulum Program Studi Kehutanan tahun 2010. Adapun komponen-komponen yang mengalami perubahan adalah perubahan visi, kompetensi lulusan, yang selanjutnya diikuti dengan perubahan mata kuliah, serta beban studi. Beban studi pada awalnya 154 SKS menjadi 145 SKS yang dapat dituntanskan selama 3,5 tahun (7 semester).
Pada tahun 2009, Program Studi Kehutanan mendapat kunjungan visitasi akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan memperoleh nilai Akreditasi C dari BAN-PT dengan Nomor: 002/BAN-PT/Ak.XII/IV/2009 tepatnya pada      tanggal 2 April 2009.
Tahun 2010 tepatnya pada tanggal 20 Maret, berlangsung rapat senat di Fakultas Kehutanan tentang perubahan pejabat struktural fakultas. Hasil rapat senat tersebut terpilih Yumna, S.P., M.P. sebagai Dekan Fakultas Kehutanan untuk masa jabatan 2010-2014, Wakil Dekan adalah Rosniati, S.Hut., M.P., dan Ketua Program Studi terpilih Ernawati Emba, S.Hut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar